Monday, June 1, 2015

PINEAPPLE JAM UNTUK CINTA

Mungkin karena saya emak-emak, maka naluri untuk memberi makan anak-anak sangat lekat. Kebetulan dua gadis saya, Elok dan Embun, bukan anak-anak yang picky, jadi membuat makanan untuk mereka bukan masalah. Yang jadi masalah adalah kemampuan memasak saya tidak setinggi semangat yang saya punya. Elok dan Embun seringkali lebih memilih masakan Baginda, suami saya, daripada olahan tangan emaknya :(
Dan itu terkadang menghancurkan hati.

Tapi bukan Erin namanya kalau harus tumbang hanya karena penolakan. Anak-anak itu saya taklukan dengan bersenang-senang mencoba resep baru yang ayahnya belum pernah membuatnya. Soal hasil akhir yang mungkin tetap ditolak, itu tak penting lagi. Rasa bahagia dan bangga datang saat mereka dengan senang hati ikut mengolah makanan.

Oh, sekarang musim nanas di sini. Jadi agenda dapurnya adalah mengolah nanas menjadi selai. Saya bagikan resep plus tipsnya. Hasil akhir, silakan masing-masing saja :))

Bahan:
*1 buah nanas besar
*100gr gula pasir mentah (raw sugar, biasanya berwarna agak kecoklatan)
*Batang kayu manis, atau bisa diganti cengkih, star anise, bahkan tidak semuanya juga oke.

Cara membuat:
*kupas, cuci, dan cincang nanas menjadi bongkahan kecil. Bisa juga diserut kasar. Ini supaya hasil selainya berserat dan bertekstur agak kasar.
*masukan dalam panci bersama gula, masak dengan api kecil, aduk terus sampai nanas hancur.
*setelah nanas hancur, masukan kayu manis/cengkih/star anise, dan masak terus sampai air berkurang.
*proses pemasakan ini makan waktu minimal 1 jam sampai selai berbentuk seperti dodol.
*setelah matang, ambil kayu manis/cengkih/star anise.
*dinginkan, lalu simpan dalan wadah bertutup rapat di dalam kulkas.

Setelah selai jadi, saya biarkan anak-anak mencicipi dengan mencolek atau menyendoknya, setelah dingin tentunya. Tak harus terlalu ketat melarang-larang mereka. Yang penting, jaga keamanan. Ingatkan anak-anak kalau benda-benda di dapur itu jauh lebih panas dari omelan emaknya >_< Biasanya sih, saya tidak melibatkan mereka ketika beraksi dengan api.

Selamat mencoba.
Bila gagal, coba lagi esoknya ;)

#NulisRandom2015
#day1

No comments:

Post a Comment